Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dolar Menggiurkan dari Fanbox.com, Penipuan atau Uang Betulan?

Dolar Menggiurkan dari Fanbox.com, Penipuan atau Uang Betulan?


Beberapa kali, saya diemail oleh Fanbox.com. Infonya, saya menghasilkan 97 US$ minggu ini. Kemudian pekan depan, saya diemail lagi, saldo saya dikabarkan bertambah menjadi 202 US$. Saya ingat memang pernah mendaftar ke Fanbox. Akan tetapi, saya lupa, kenapa saya kemudian memutuskan berhenti.

Saya memang seorang internet marketer dan menghasilkan dolar melalui jalur daring, di samping jalur luring. Tentu saja, saya penasaran apakah Fanbox ini cara mencari uang yang legal atau hanya scam?

Maka saya pun menganggarkan waktu khusus untuk meramban tentang FanBox. Ternyata, banyak juga yang mengalami hal serupa dengan saya. Sebagian ada yang serius aktif di Fanbox, sampai-sampai balance-nya cukup untuk membeli rumah.

Sayangnya, uang sejumlah itu belum bisa diuangkan, karena statusnya dianggap pinjaman (IPL). Jadi, dia harus harus membayar lebih dulu pinjaman tersebut dengan uang riil, baru sisanya bisa ditarik.

Ilustrasinya seperti ini. Ika punya balance 1.000 dollar yang dia peroleh tanpa keluar uang sepeser pun. Sebanyak 900 dollar dianggap pinjaman. Sementara 100 dollar adalah hak Ika. Lumayan, bukan? Tidak modal apa-apa tapi memperoleh 100 dolar.

Namun, tunggu dulu! Untuk mencairkan 100 dolar tersebut, Ika harus membayar 900 dolar tunai dari akun PayPalnya.

Sampai di sini, semua orang waras pasti berpikir ini akal-akalan. Bayangkan kalau ternyata setelah dibayar 900 dollar ternyata kita tidak dibayar. Juga tidak masuk akal melihat untuk mendapatkan 100 dolar kita harus membayar 900 dolar? Meskipun 900 dolar itu nanti diputar lagi di Fanbox, dan konon balik modalnya bisa cepat, siapa berani berspekulasi?

Saya lihat, ada yang sudah terjebak dalam skema Fanbox.com ini. Artinya, orang-orang yang malang ini tiap bulan sudah mencicil 50 dolar untuk membayar IPL tadi. Lucunya, Fanbox otomatis mengambil pembayaran IPL bulanan dari PayPal kita yang sudah dikoneksikan sejak awal mendaftar.

Jadi, siap-siap saja akun PayPal Anda kosong ketika menggunakan IPL besar-besaran.

Bagaimanapun, ada juga member yang benar-benar sudah dibayar. Walaupun menurut beberapa orang itu, pembayaran di Fanbox terkesan lamban dan pilih-pilih.

Belum yakin kalau ini penipuan, saya pun mencari tahu lebih lanjut. Hingga akhirnya tiba di halaman Money Life. Di sana disebutkan, "Email FanBox itu tidak lebih dari sekadar usaha phishing (mencuri data Anda)!"

Cara Fanbox Mengambil Uang Kita

Menurut situs web tersebut, setidaknya terdapat dua cara Fanbox mengambil uang Anda.

Pertama, dengan mengumpulkan email ID, data, dan daftar kontak Anda, lalu memanfaatkannya untuk tujuan marketing mereka. Atau bisa juga, data Anda dijual lagi ke pihak ketiga.

Cara kedua, setelah sukses menjerat Anda (entah untuk mendaftar, ikut bermain, atau lainnya), Fanbox akan mengirimkan tagihan maintenance fee untuk akun Anda. Ini sepintas seperti jasa pengelola keuangan.

Jika Anda mengunjungi Fanbox.com, semuanya tampak seperti situs web yang normal. Namun, saya sudah curiga sejak menggunakan fasilitas "forgot password", ternyata saya semakin sering dikirimi email. Lengkap dengan laporan keuangan dan grafik-grafik bulanan. Total penghasilan saya saat ini diinfokan mencapai US$ 1,755.05.

Gila, itu artinya sudah 20 juta rupiah lebih!

Padahal, saya tidak pernah melakukan apa-apa. Di sini, akal sehat saya bicara. Mencari uang itu sulit dan perlu usaha, atau kalaupun gampang, butuh kepintaran khusus. Jika uangnya datang segampang ini, yakinlah, berarti ada yang tidak beres.

Saya pun tidak meladeni email-email dari Fanbox selanjutnya. Saya langsung klik "Prevent future emails". Entah tautan untuk unsubscribe itu benar-benar berfungsi atau sekadar formalitas. Kita lihat saja.

Sementara itu, tetap cerdas! Tetap waspada! Stay tune di blog ini untuk mengetahui modus-modus penipuan, baik online maupun offline.



- Tulisan: Arta Nusakristupa, Konsultan UMKM dan Start-up

4 comments for "Dolar Menggiurkan dari Fanbox.com, Penipuan atau Uang Betulan?"

  1. betul itu bohong saya sudah buktikan sendiri untung belum keluar uang

    ReplyDelete
  2. Iya. Saya malah total penghasilan selama 3 bulan saja sudah $7000 an. Dan saya bingung darimana uang sebanyak itu bisa masuk ke akun saya. Langsung hari itu juga, akun saya di blokir tanpa alasan apapun. Saya mencoba minta penjelasan via email juga tidak dijawab. Sampai disitulah kisahku bersama Fanbox.

    ReplyDelete
  3. iya ini scam dari belanda, akun saya sudah lama ikut iseng2 dari tahun 2009, sampai sekarang dapat dah lebih dari US$ 4000, giliran mau cash out, disuruh bayar dulu pake paypal....saya tanya balik ke admin masukkan dulu uangnya ke paypal saya, nanti saya bayar fee nya...katanya saldo paypal saya limit, nah memang,karena saya sengaja nyisahin saldo di paypal cuma US$ 2....ha ha ha, adminnya ngambek nggak jadi ngirim dolar ke paypal saya....wkwkwk...belanda memang penjajah sejak dari dulu kala

    ReplyDelete